Selasa, 06 Mei 2014

Kegiatan Rumah Baca

Tanggal 3 Maret 2014 adalah hari pertama ke liukang setelah launching rumah baca di bulan desember, alasannya karena bulan januari – februari kondisi cuaca yang ekstrem, bahkan penyeberangan dari bira ke selayar banyak di tunda karena ombak yang besar. Vakumnya volunteer ke liukang tidak membuat anak-anak mengunjungi rumah baca juga ikut vakum, pasalnya kami selalu berkoordinasi dengan guru yang ada disana Ibu Anti untuk memanage proses belajar mengajar di rumah baca yang kebetulan juga buku – buku sementara di titip di bawah kolom rumah Ibu Anti. Hampir Tiap hari anak-anak ke rumah ibu anti belajar karena ibu anti juga sebagai panutannya anak-anak disana, Kami (Rahmat, Asmurino dan Beddu mahasiswa KKN UMI) melakukan kegiatan yaitu mendata semua siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Air mata ini hampir saja menetes ketika sampai ke sekolah SD  liukang, banyak anak-anak yang berkeliaran bahkan ada juga yang pulang ketika masih jam 10. Itu disebabkan guru yang datang ke sekolah Cuma 1 orang, mungkin menurut mereka kondisi ini adalah hal biasa, tetapi menurut saya kondisi ini adalah masalah besar. Niat kami kesana Cuma mendata siswa dan sharing-sharing dengan ibu anti dan kepala dusun (Pak Jafar) akan tetapi kami mendapat tawaran untuk mengisi kelas yang di tinggalkan guru-nya.
Tanggal 5 Maret 2014 adalah kerjasama dengan Pengurus Osis SMA 3 Bulukumba   dengan tujuan penggalangan buku untuk Liukang dan mengajak mereka untuk menjadi volunteer bagi yang berminat untuk menjadi kakak asuh di liukang. Akan tetapi, mendapat respon yang kurang baik dengan guru kesiswaannya, alasannya karena takutnya nanti terjadi hal-hal yang tidak di inginkan ketika menyeberang ke liukang karena membawa nama sekolah.

Tanggal 7 Maret adalah kerjasama dengan Pengurus Osis SMK 6 Perkapalan Bulukumba dengan tujuan sama seperti dengan SMA 3 Bulukumba. Berbeda dengan guru di SMA, guru SMK merespon dengan baik, dia memberikan semua kepada siswa-siswanya yang mau menjadi volunteer.
Tanggal 9 Maret adalah hari ke 2 ke liukang dimana saya mengajak teman – teman dari SMK (Sandi, Riska dan Desta) dan Pemudi Bira (Mirna dan Dita) untuk mendedikasikan ilmu yang dia dapat selama bersekolah, kami kesana membawa 186 buah buku dari donatur sma 3 dan keluarga yang ada di Makassar. Euforia mereka dalam mendidik patut diacungi jempol.



1 komentar:

  1. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
    hanya di sini JP berapapun di bayar.
    discount 29%/59%/66%
    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%
    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

    BalasHapus